Jumat, 01 Januari 2010

MATIKAN MESIN


Semarang (01/01) - Telah terjadi kemacetan yang sangat parah, mengakibatkan ratusan bahkan ribuan kendaraan bermotor berhenti dan mematikan mesinnya sampai hampir tiga jam. Peristiwa ini terjadi di jalan Gombel Lama yang mengarah ke Srondol. Perayaan tahun baru yang memang setiap tahunnya dapat menarik ribuan massa ke kawasan Simpang Lima atau di spot Semarang bawah lainnya, menghasilkan kendaraan menumpuk di satu-satunya jalan kota menuju Semarang atas.

Selama hampir tiga jam tersebut, kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat mematikan mesinnya dan banyak yang lebih memilih beristirahat di pinggir jalan menunggu sampai jalan bisa agak lengang. Peristiwa yang berlangsung sekitar pukul 01.30 - 04.30 ini bisa mulai teratasi dengan datangnya polisi yang berjalan dari arah Jatingaleh dan menyuruh semua kendaraan untuk memutar balik arah dan memutuskan untuk naik melewati jalan Gombel Baru yang ternyata sudah lancar terlebih dahulu.

Kejadian ini tidaklah asing pada saat malam Tahun Baru. Memang sudah resiko jika keluar malam Tahun Baru, harus ikhlas jika terjebak macet. Namun tidak dipungkiri, macet kali itu dinilai tidak wajar oleh para pengguna jalan. Seharusnya kejadian ini sudah bisa diantisipasi oleh petugas keamanan yang bertugas di malam Tahun Baru jauh-jauh hari.

Keadaan jalan yang terbagi dua yaitu Gombel Lama dan Gombel Baru, sebenarnya bisa dijadikan solusi. Tapi ternyata hal tersebut malah menjadi malapetaka yang menghasilkan penumpukan kendaraan yang pengendaranya tidak mengerti akan adanya pembagian jalur naik dan turun. Jika bisa disarankan untuk selanjutnya, sebaiknya ada sosialisasi terlebih dahulu tentang antisipasi kemacetan berupa informasi yang disiarkan melalui radio atau media cetak lokal, atau melalui rambu-rambu yang sudah terpasangkan sejak jauh-jauh hari dan di tempat yang strategis.

Tak ada yang suka terjebak macet, apalagi sampai mematikan mesin dan tiduran di pinggir jalan, walaupun hal itu hanya terjadi setahun sekali :)

1 komentar:

sayaadalahasteria mengatakan...

simpang5 macet total bukan? hmmm

Posting Komentar